Mengembangkan Teknologi, Melestarikan Budaya

Kak M. Agus Nugroho L.P sebagai Pembina Upacara
Lumpur lapangan bukan  jadi soal. Bahkan sengatan matahari tidak dirasa. Sorak sorai yel-yel dari tiap kontingen menggema menggetarkan Lapangan Manunggal Kecamatan Wonosalam, tempat dilaksanakannya Gladhi Widya Cakra Satya Bintara (GWCSB) I tahun 2013. 
Pengucapan Pancasila, UUD '45 dan Dasa Darma
Kegiatan yang diikuti oleh penegak se Kwarcab Demak ini berlangsung selama dua hari berturut-turut, yaitu Rabu dan Kamis tanggal 19 dan 20 Juni 2013. Bertindak sebagai pembina upacara Kak M. Agus Nugroho L.P mewakili Kamabicab yang pada kesempatan itu tidak dapat hadir. Sekaligus dalam upacara pembukaan tersebut dilaksanakan pelepasan kontingen Peransaka VI yang akan diberangkatkan ke Boyolali 22 s.d 28 Juni 2013 mendatang. 
 
Susana final LKTI
Inti kegiatan GWCSB adalah giat prestasi. Sangga kerja telah merancang beberapa cabang-cabang lomba yang dapat diikuti oleh peserta dari tiap kontingen yang ada. Jenis-jenis perlombaan tersebut disesuaikan dengan petunjuk pelaksanaan Gladhi Widya Cakra Adi Birawa (GWCAB) tingkat daerah. Karena nantinya juara umum dari GWCSB akan dikirim untuk mengikuti WCSB ditingkat daerah pada bulan Agustus 2013.
 
Kegiatan ini mengusung tema “Canggih Teknologiku, Lestari Budayaku, Jaya Indonesiaku” benar-benar mengaplikasikan tema tersebut dalam setiap kegiatan. Itu semua tercermin dalam jenis-jenis giat prestasi yang diperlombakan. Lomba-lomba tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


1.      Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

2.      Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG)

3.      Lomba News Presenter

4.      Lomba Ngadi Salira Busana

5.      Lomba Cepat Tepat Pramuka

6.      Lomba Scouting Skill

7.      Lomba K3 Perkemahan

8.      Lomba Tertib Administrasi
 
Persiapan Ngadi Salira Busana Putri
Persiapan Ngadi Salira Putra
Jadi selain kita mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anggota Pramuka juga berusaha untuk melestarikan budaya Jawa serta tetap mengasah kemampuan kepramukaan yang pastinya berguna untuk kehidupan sehari-hari.
10 Besar Ngadi SAlira Busana

Dari sekian lomba yang paling menyedot perhatian adalah Lomba Ngadi Salira Busana. Lomba yang sengaja dirancang menyerupai pemilihan Putri kecantikan ini dibarengkan dengan malam cakra sesusai Api Unggun. Banyak aspek yang menjadi daftar penilaian lomba yang satu ini. Tidak hanya harus bisa merias dan berbusana Jawa sendiri, setiap peserta dituntut untuk berpengetahuan luas supaya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diambilnya secara acak.
Sebelum melanjtkan aktivitas senam Pramuka dulu

Paginya, peserta akan diuji kemampuan lepramukaannya dalam lomba Scouting Skill. Di sini peserta akan melakukan rute perjalanan dan akan melewati 3 pos penilaian pionering, semboyan dan perpetaan. Cuaca panas tak jadi beban, debu jalanan juga bukan rintangan. Yah... semuanya bisa dijalani dengan penuh semangat karena itulah Pramuka. Dari dulu hingga sekarang semangatnya tak pernah berubah.

Dan, sampailah dipenghujung kegiatan. Kak Natsir selaku Kakwarcab Demak dengan gagahnya menutup kegiatan sore itu. Gegap gempita dan nyanyian kemenangan terdengar dari tiap-tiap kontingen ketika hasil kejuaraan diumumkan. Dan sebagai juara umum I didapatkan oleh kontingen Kwaraan Bonang untuk Putera dan kontingen Kwarran Wonosalam untuk Puteri.

Nah, yang berikut ini adalah beberapa momen-momen yang tertangkap kamera
Tim di balik layar
Tim Administrasi

Selamat kepada setiap pemenang dan selamat menjalankan amanah untuk mewakili Demak dalam ajang Gladhi Widya tingkat Daerah. Untuk yang belum menang jangan khawatir kami kan kembali di tahun berikutnya. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SELEKSI ANGGOTA DEWAN KERJA CABANG (DKC) DEMAK MASA BAKTI 2016-2021

Kawal Grebeg Besar, Lestarikan Tradisi

Menjalin Persaudaraan melalui Temu Tegak & BPD Kwarcab Demak