Mempererat Silaturahmi Melalui Sidang Paripurna


Skuat DKC Demak 2011-2016
Sidang Paripurna Cabang atau yang lebih dikenal dengan Sidparcab, merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh DKC Demak. Bertempat di Aula Kecamatan Demak Kota, pagi tadi Minggu 16 Maret 2014 kegiatan tersebut berhasil dilaksanakan. Dalam laporannya, Kak Nikken Derek selaku ketua penyelenggara menyebutkan bahwa rencana peserta yang akan menghadiri sebanyak 28 orang yang berasal dari perwakilan 14 Dewan Kerja Ranting (DKR) se-Kwarcab Demak, akan tetapi sampai dengan upacara pembukaan hanya 15 peserta yang baru hadir. Meskipun demikian tidak menyurutkan semangat sangga kerja untuk melanjutkan kegiatan sesuai dengan rencana.
Sebagai pembina upacara, Kak Natsir sempat berbagi pengalaman masa mudanya, tentu saja yang berhubungan dengan dunia kepramukaan. Hal tersebut sebagai tambahan motivasi untuk peserta agar selalu semangat berkegiatan Pramuka. Beliau juga sempat menyatakan ketidaksetujuannya atas diwajibkannya ekstrakurikuler Pramuka di sekolah, menurutnya kemauan berpramuka harus berasal dari diri sendiri tanpa adanya paksaan karena memang pramuka dasarnya sukarela.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Kak Waskito, Kak Heri dan Kak Kukuh tamu kehormatan dari Dewan Kerja Daerah Jawa Tengah. Sedikit banyak kehadiran mereka menambah semarak pelaksanaan Sidparcab Demak yang sengaja dibuat sederhana.
Eksis bersama, DKC & DKD
Pembahasan pada Sidparcab kali ini langsung dipimpin oleh Ketua DKC Demak, Kak Faiq Haedar. Dalam pembahasan tersebut beliau memaparkan rencana kegiatan Penegak dan Pandega selama setahun ke depan. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain:

  1. Sidang Paripurna Cabang (Sidparcab)
  2. Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) DKC Demak
  3. Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK)
  4. Raimuna Cabang (Raicab)
  5. Survival Cabang

Tidak hanya itu saja, kegiatan-kegiatan yang dipaparkan juga berasal dari tingkat daerah dan juga nasional. Dari pemaparan tersebut dapat dilihat antusiasme dari peserta seakan tak sabar menunggu waktu kapan akan diselenggarakan. Ini merupakan wujud dari semangat khas seorang Penegak dan Pandega Kwarcab Demak.

Selain tersampaikannya program kerja, Sidparcab juga merupkan sarana untuk menjalin komunikasi Dewan Kerja Cabang dengan Dewan Kerja Ranting agar silaturahmi senantiasa terjaga dengan harmonis. Dengan begitu harapannya kita semua dapat saling bersinergi untuk memajukan Gerakan Pramuka di Kwartir Cabang Demak.

Comments

Popular posts from this blog

SELEKSI ANGGOTA DEWAN KERJA CABANG (DKC) DEMAK MASA BAKTI 2016-2021

Kawal Grebeg Besar, Lestarikan Tradisi

Menjalin Persaudaraan melalui Temu Tegak & BPD Kwarcab Demak