Grebeg Besar tahun 2014

Salam Pramuka!!!
Selamat pagi rekan-rekan seantero jagad raya, salam hangat dari kami DKC Demak semoga rekan-rekan selalu diberkahi kesehatan oleh Allah SWT. Amin.

Setahun yang lalu di Blog DKC Demak sempat memposting artikel terkait dengan tradisi Grebeg Besar. Sebuah tradisi yang rutin diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Demak dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha atau orang Jawa lebih sering menyebutnya dengan Bada Besar, karenanya tradisi ini disebut dengan Grebeg Besar.

Seperti tahun-tahun sebelumnya dalam tradisi ini diawali dengan arak-arakan tumpeng sanga (Sembilan) dari Pendopo Kabupaten hingga Masjid Agung Demak. Arak-arakan ini dilakukan pada malam sebelum lebaran. Setelah sampai di Masjid, dilakukan pengajian oleh pemuka agama setempat sampai pada akhirnya tumpeng-tumpeng yang tadi diarak bisa diperebutkan oleh warga yang menghadiri. Sebagian warga masih percaya bahwa nasi tumpeng dari tumpeng sembilan dapat membawa berkah. 

Keesokan harinya, setelah Salat Ied Pendopo Kabupaten Demak kembali dipenuhi oleh warga. Ada apa gerangan? Ternyata setelah semalam diadakan arak-arakan tumpeng sembilan kini saatnya untuk mengarak air yang jamasan. Tentu saja untuk menjamasi (mencuci) pusaka. Air jamasan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Demak kepada orang yang sudah ditugaskan. 

Bersama iring-iringan Prajurit Patang Puluhan, prajurit khas dari Kerajaan Demak air jamasan tersebut dibawa ke Kadilangu, tempat makam Kanjeng Sunan Kalijaga. Dalam iring-iringan tersebut turut serta jajaran muspida Kabupaten Demak dengan menggunakan Delman Wisata. Iring-iringan semakin semarak dengan adanya rombongan rebana dan zippin pesiri khas Demak, rombongan Barongsai, serta komunitas pecinta sepeda tua.

Berikut ini dalah beberapa momen yang sempat terdokumentasikan oleh DKC Demak.
Penyerahan minyak Jamas
Minyak Jamas di bawa ke Kadilangu
Prajurit Patang Puluhan khas Demak

Antusisme warga Demak menyaksikan Arak-arakan minyak jamasan

Nah, yang berikut ini adalah peran Pramuka dalam tradisi Grebeg Besar tahun ini.
Dokumentasi oleh Kak Nikken Derek :)






Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SELEKSI ANGGOTA DEWAN KERJA CABANG (DKC) DEMAK MASA BAKTI 2016-2021

Kawal Grebeg Besar, Lestarikan Tradisi

Menjalin Persaudaraan melalui Temu Tegak & BPD Kwarcab Demak